Rabu, 25 Oktober 2017

ALIRAN PSIKOLOGI DALAM PRMBELAJARAN

·         HUMANISME = kebebasan dan interaksi dengan lingkungan
Jadi, peristiwa belajar akan terjadi bila murid berinteraksi dengan lingkungannya ( guru, teman sebaya dll ). Semakin siswa aktif dlm interaksi tersebut, semakin banyak juga siswa belajar ( ilmu yang didapat). Aliran ini berorientasi pada siswa, jadi siswa bebas mengimprovisasi belajar pada diri masing" dan guru sebagai fasilitator.
·       BEHAVIORISTIK = perubahan perilaku siswa akibat stimulus - respon
 Jadi, keberhasilan suatu komunikasi ( proses pembelajaran ) dengan rumus Stimulus = Respon. Dengan siswa merespon suatu stimulus yg disampaikan maka bisa dikatakan suatu komunikasi tersampaikan dengan baik, dan dalam hal belajar perubahan perilaku siswa juga harus diamati ( melalui Kognitif, psikomotorik dan efektif ).
·       KOGNITIFISME = perubahan struktur kognitif
 Jadi, teori ini menekankan pada perkembangan pola pikir siswa dalam kematangan intelektual, aktifnya siswa dengan lingkungan belajar dan transmisi belajar yaitu adanya diskusi dan studi banding. Dalam hal ini juga keaktifan siswa dengan lingkungan belajar mempengaruhi tingkat belajarnya juga.
·       KONSTURKTIFISME = Belajar dengan pengalaman konkrit, kontekstual dan bermakna.
Dalam teori ini siswa tidak dipaksa untuk memiliki polo berpikir yg homogen, tetapi sesuai pemikiran individu masing". Teori ini juga mengajarkan bila berpikir kolaboratif ( diskusi ) lebih baik drpd pemikiran individu, dan bermaknanya suatu kegiatan belajar apabila belajar itu membuat seseorang ketagihan dalam melakukannya.
·       CIBERNETIK = Belajar secara sistematis dan sistemik.

Manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahui, contohnya informasi. Manusia memproses suatu informasi tersebut dengan mengolah suatu informasi lalu mendifusikan suatu informasi ke orang banyak dengan sistematis dan sistemik. Dan Cibernetik ini erat kaitannya dengan pembelajaran digital, jadi teori ini memudahkan suatu pembelajaran yang dilakukan agar lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar