ALIRAN
PSIKOLOGI DALAM PRMBELAJARAN
·
HUMANISME = kebebasan dan interaksi dengan lingkungan
Jadi, peristiwa belajar akan terjadi bila murid berinteraksi dengan
lingkungannya ( guru, teman sebaya dll ). Semakin siswa aktif dlm interaksi
tersebut, semakin banyak juga siswa belajar ( ilmu yang didapat). Aliran ini
berorientasi pada siswa, jadi siswa bebas mengimprovisasi belajar pada diri
masing" dan guru sebagai fasilitator.
·
BEHAVIORISTIK = perubahan perilaku siswa akibat stimulus -
respon
Jadi, keberhasilan suatu
komunikasi ( proses pembelajaran ) dengan rumus Stimulus = Respon. Dengan siswa
merespon suatu stimulus yg disampaikan maka bisa dikatakan suatu komunikasi
tersampaikan dengan baik, dan dalam hal belajar perubahan perilaku siswa juga
harus diamati ( melalui Kognitif, psikomotorik dan efektif ).
·
KOGNITIFISME = perubahan struktur kognitif
Jadi, teori ini menekankan pada
perkembangan pola pikir siswa dalam kematangan intelektual, aktifnya siswa
dengan lingkungan belajar dan transmisi belajar yaitu adanya diskusi dan studi
banding. Dalam hal ini juga keaktifan siswa dengan lingkungan belajar
mempengaruhi tingkat belajarnya juga.
·
KONSTURKTIFISME = Belajar dengan pengalaman konkrit,
kontekstual dan bermakna.
Dalam teori ini siswa tidak dipaksa untuk memiliki polo berpikir yg
homogen, tetapi sesuai pemikiran individu masing". Teori ini juga
mengajarkan bila berpikir kolaboratif ( diskusi ) lebih baik drpd pemikiran
individu, dan bermaknanya suatu kegiatan belajar apabila belajar itu membuat
seseorang ketagihan dalam melakukannya.
·
CIBERNETIK = Belajar secara sistematis dan sistemik.
Manusia mengorganisasikan apa yang telah diketahui, contohnya informasi.
Manusia memproses suatu informasi tersebut dengan mengolah suatu informasi lalu
mendifusikan suatu informasi ke orang banyak dengan sistematis dan sistemik.
Dan Cibernetik ini erat kaitannya dengan pembelajaran digital, jadi teori ini
memudahkan suatu pembelajaran yang dilakukan agar lebih efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar